SIGMA FISIKA

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI TEMPAT BELAJAR DAN BERBAGI ILMU PENGETAHUAN

Friday, October 13, 2017

REMEDIAL DAN PENGAYAAN




REMEDIAL DAN PENGAYAAN

       I.            Program Remedial
Istilah remedial berasal dari kata remedy, remedial, remedies (bahasa Inggris) yang berarti obat, memperbaiki, atau menolong (Echols, 2007). Karena itu, remedial berarti hal-hal yang berhubungan dengan perbaikan. Program remedial merupakan implikasi dari teori belajar tuntas yang memerlukan upaya tambahan untuk mengatasi dan membantu siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Salah satunya adalah dengan mengadakan program remedial untuk membantu siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan menurut Prayitno (2008), remedial merupakan suatu bentuk bantuan yang diberikan kepada seseorang atau sekelompok siswa yang menghadapi masalah belajar dengan maksud untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam proses dan hasil belajar mereka. Program remedial harus memperhatikan perbedaan latar belakang dan kesulitan yang dihadapi masing-masing siswa agar perbaikan yang dilakukan bisa lebih optimal. Menurut Sukiman (2012), bentuk-bentuk pelaksanaan program remedial diantaranya adalah:
a     1.       Pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda,
b     2.      Pemberian bimbingan secara khusus, misalnya bimbingan Perorangan,
c     3.       Pemberian tugas-tugas, latihan secara khusus,
d     4.      Pemanfaatan tutor sebaya.
Berdasarkan pernyataan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa program remedial adalah salah satu upaya untuk membantu siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar, berupa kegiatan perbaikan yang mencakup segala bantuan bimbingan yang diberikan kepada siswa untuk meningkatkan hasil belajar agar mencapai ketuntasan belajar yang diharapkan.

    II.            Program Pengayaan
Program pengayaan merupakan kegiatan yang diperuntukkan bagi peserta didik yang memiliki kemampuan akademik yang tinggi yang berarti mereka adalah peserta didik yang tergolong cepat dalam menyelesaikan tugas belajarnya (Sugihartono, 2012). Sedangkan menurut Prayitno (2008), kegiatan pengayaan merupakan suatu bentuk layanan yang diberikan kepada seorang atau beberapa orang siswa yang sangat cepat dalam belajar. Mereka memerlukan tugas-tugas tambahan yang terencana untuk menambah memperluas pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliknya dalam kegiatan pembelajaran sebelumnya.

Bentuk-bentuk pelaksanaan program pengayaan diantaranya adalah:
a     1.       Menugaskan siswa membaca materi pokok dalam kompetensi dasar selanjutnya
b     2.      Memfasilitasi siswa melakukan percobaan-percobaan, soal latihan, menganalisa gambar dan sebagainya
c     3.       Memberikan bahan bacaan untuk didiskusikan guna menambah wawasan para siswa.
d     4.      Membantu guru membimbing teman-temannya yang belum mencapai standar ketuntasan minimum.
Berdasarkan pernyataan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa program pengayaan adalah salah satu upaya untuk membantu siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan yang telah dimilikinya.


Sumber Referensi :

           
           

                                   
                                                                                   
                                               
                                   
                                               
                                                                                                           
Share:

0 comments:

Post a Comment

About

Blogger templates